Cari Blog Ini

Minggu, 13 Desember 2009

Tips menghindari kerusakan mata ketika bagi pengguna komputer

Dalam sebuah riset di US diperkirakan 75% orang mengeluhkan organ penglihatannya saat di depan komputer.Mata cenderung kering,mata lelah, iritasi mata, diplopia dan lain-lain. Gejala ini dapat kita namai sebagai sindrom penggunaan komputer. Bagaimana semua ini dapat terjadi?
Mata tidak di desain secara khusus untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama.Layar komputer yang kita lihat dibentuk oleh ribuan pixel(=kedalaman warna ) sehingga kita dapat meihat gambar,tulisan dan lain-lain dengan baik.semakin besasr jumlah pixel yang dikandung oleh sebuah perangkat akan menghasilkan efek visualisasi yang jauh lebih baik.Penggunaan komputer yang berlebihan juga mengakibatkan TEKANAN PADA PENGLIHATAN DEKAT yang dapat mengakibatkan terbentuknya myopia.Tanpa anda disadari jumlah kedipan mata secara perlahan akan berkurang dari normal.Hal ini yang memiliki peranan dalam merangsang mata kita mengalami iritasi atau cenderung kekeringan.
Berikut ini Kami mencoba untuk memberikan beberapa tips yang dapat anda coba sebagai praktisi kesehatan mata atau masyarakat awam:
1. Letakkan layar komputer anda pada jarak dan posisi yang dapat mengurangi intensitas dari gerakan kepala dan mata anda.Atur sudut layar komputer yang memungkinkan anda dalam posisi lurus dan agak ke bawah sedikit dengan mata anda sebagai titik acuan atau garis normal
2.Atur iluminasi ruangan anda untuk mengurangi efek pembiasan dan pemantulan antara layar,media refrakta dan sumber cahaya. Sinar dari luar ruangan,pencahayaan dalam ruangan perlu disesuaikan dalam rangka mendapatkan kekontrasan obyek yang lihat pada layar komputer tampak jelas dan tidak kurang/lebih dalam segi pencahayaan yang dihasilkan oleh layar komputer.
3. Anda seringkali sulit berhenti saat berada di depan komputer. Akan lebih bijaksana bila anda mulai menentukan kapan anda mengistirahatkan mata anda?anda juga bisa membuat stiker di layar komputer anda yang diskronkan dengan waktu di komputer untuk melakukan penjadwalan atas pengistirahatan indera penglihatan anda.Kebiasaan ini dapat mencegah tekanan yang berlebihan pada organ penglihatan atau dapat di asumsikan sebagai pencegahan terhadap myopia.
4.Bagi anda yang berusia di atas 50 tahun disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan lebih banyak dari umur di bawahnya.Saat orangtua mendampingi anak2 mereka, sebenarnya posisi mereka dalam melihat layar komputer bukan merupakan posisi ideal dalam melihat layar komputer. selain itu faktor amplitudo akomodasi juga menjadikan alasan para lansia lebih rentan terjangkit.
5.lakukan senam atau olah tubuh pada bagian wajah secara langsung maupun tidak langsung seperti mengkerut-kendurkan wajah,memijat secara halus.tehnik ini akan mengurangi kekejangan yang ditimbulkan dalam keseharian penggunaan komputer.Tentu saja hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan melihat anda yang menurut Irvin Borisch dan Theodore Grosvenor dikenal sebagai visual acuity

Tidak ada komentar: