Cari Blog Ini

Minggu, 13 Desember 2009

AKU ADALAH LENSA KONTAK LUNAK

Aku ingin memperkenalkan diri pada kalian kalau aku adalah lensa kontak lunak. Banyak orang mengenalku untuk alasan kosmetik alias memperindah mata para manusia khususnya dengan warna yang memberikan efek perubahan pada iris mata. Tahukah kalian tentang diriku? Sudahkah kalian mengenalku?
Aku terbuat dari sejenis mono polimer plastik. Kami tiga bersaudara,lensa kontak keras adalah saudara sulung( baca hard lens), kemudian lensa kontak semi keras ( baca RGP ). Sebagai bungsu, aku tetaplah kesukaan dan digemari lho. hampir 90 % pengguna lensa kontak memakai dan menyukai diriku dianding saudaraku.
Aku punya empat wajah tanpa melihat berwarna atau tidak, antara lain :
1. Kadar air rendah dan ionik (= mudah menyerap ion )
2. Kadar air tinggi dan ionik
3. Kadar air rendah non ionik (= tidak mudah menyerap ion )
4. Kadar air tinggi dan non ionik
Banyak isu yang berkembang di mata para manusia bila kadar air tinggi, maka akan merasa lebih nyaman. padahal tidak begitu keadaannya. Tanpa melihat ionik dan non ionik,sebenarnya wajah yang berkadar air tinggi memiliki beberapa poin yang selayaknya dipahami,misalnya :
1. Lebih mudah beradaptasi
Dibandingkan wajahku yang berkadar air rendah,kecepatan dalam beradaptasi saat memasukkan aku ke dalam mata kalian akan lebih cepat. Mata bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk penggumpalan zat cair karena semua elemennya sebagian besar mengandung air. sedangkan sifat zat cair adalah saling tarik menarik, sehingga mata mudah untuk menyesuaikan diri dengan kami.
2. Lebih menyerap air
Karena kadar airku tinggi, maka air yang diserap dari mata akan lebih banyak dibandingkan dengan wajah si kadar air rendah. Semua ini dilakukan untuk menjaga kekenyalan alias elastisitas dari sifat permeable yang kumiliki Bila kalian tak percaya, kalian bisa melakukan sedikit percobaan di rumah. Ambillah 2 buah kain lap.basahi salah satunya dan peras airnya sekuat mungkin. teteskanlah air di permukaan kaca atau lantai atau media yang tidak menyerap air. Lalu letakkanlah kedua kain lap pada bagian yang telah diteteskan air. Angkat kain setelah 5 detik,maka kain lap yang basah akan menyerap air lebih banyak dibandingkan kain lap kering.
3 Menimbulkan sensasi mata kering
Bila kalian telah memilihku, maka siapkan di tas atau sakumu obat tetes untuk pengguna lensa kontak. Karena pada situasi tertentu aku akan membuat kebasahan air matamu berkurang karena sifatku yang lebih menyerap (baca butuh ) air.

Wahai para penggunaku, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan praktisi yang dapat anda percaya dan tentunya memiliki latar belakang pendidikan kesehatan mata pada diri RO ( Refraksionis Optisien ) di optik2 kesayangan anda atau dokter spesialis mata di Rumah sakit kesayangan anda. Bagi para praktisi, jangan lupa ya untuk memberi tahu para penggunaku tentang jati diriku.

Tidak ada komentar: