Cari Blog Ini

Sabtu, 05 Februari 2011

SEBELUM MEMILIH LENSA KONTAK SEBAGAI ALAT BANTU PENGLIHATAN

Apakah anda berpikir perlu untuk menggunakan lensa kontak? Semakin meningkatnya perkembangan teknologi yang higienis dan kenyamanan menempatkan lensa kontak dalam posisi yang digemari oleh semua golongan terutama bagi mereka yang menitikberatkan fashion sebagai alasan utamanya. Golongan seperti ini merasa bahwa kacamata tidak menolong penampilan mereka, meskipun kemudahan adalah sesuatu yang ditawarkan bila menggunakan kacamata. Oleh karenanya ada beberapa tip sebelum anda memutuskan menggunakan lensa kontak.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN LENSA KONTAK?
Alat bantu penglihatan ini terbuat dari senyawa plastik yang tipis yang berfungsi dalam mengoreksi kelainan yang terjadi pada penglihatan seseorang seperti myopia ( mata minus ),hypermetrop ( mata plus ), astigmat ( mata cylinder ). Lensa kontak merupakan sebuah alternatif yang baik sebagai alat bantu penglihatan selain dari kacamata dan atau pasca operasi bedah anatomi mata. Jutaan orang penggunanya adalah mereka yang memperhatikan dunia mode / fashion dan dapat melihat dengan jelas tanpa harus memakai kacamata.

BAGAIMANAKAH PEMERIKSAAN SEBELUM MENGGUNAKAN LENSA KONTAK?
Jika anda tertarik menggunakan lensa kontak, maka anda harus yakin dengan menemui atau berkonsultasi kepada praktis kesehatan mata seperti dokter spesialis mata dan Refraksionis Optisi yang menjadi pengejawantahan Optometris dan Optician di luar negeri. Pada umumnya, mereka akan memeriksa dan melakukan anamnesa tentang kesehatan anda secara keseluruhan, terutama bagi mereka yang memiliki alergi pada zat tertentu. Ketika dipastikan tidak ada hal yang menghalangi untuk menggunakannya, pemeriksaan kelengkungan bola mata. Ini dilakukan untuk mendapatkan fitting lensa yang sesuai dengan anatomi. Bagi pengguna awal, para praktisi akan mengajarkan dan membimbing bagaimana cara memasang dan melepas yang baik disertai dengan mekanisme perawatannya.

JENIS LENSA KONTAK
Lensa kontak terbagi atas 3 macam, antara lain :
a. Lensa Kontak Lunak
b. Lensa Kontak semi keras (RGP)
c. Lensa Kontak keras

Lensa kontak lunak menempati peringkat terbanyak dalam pemakaiannya dikarenakan ketipisan dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibanding lensa kontak lainnya. Varian memiliki kandungan air yang tinggi dimana tingginya kandungan air ini yang memicu tingkat kenyamanan yang lebih baik. Adapun pembagian menurut fungsi dan teksturnya terbagi atas :
a. Lensa Kontak Spheris ( myopia atau hipertmetrop)
b. Lensa Kontak Cylinder ( astigmat )
c. Lensa Kontak Presbyopia ( mata tua )
d. Lensa Kontak Kosmetik ( warna )

Jenis RGP dan Keras memiliki karakteristik penglihatan yang jelas dan menkoreksi kebanyakan masalah penglihatan. Usia penggunaannya lebih lama daripada jenis yang lunak.

JADWAL PENGGUNAAN DAN PENGGANTIAN LENSA KONTAK
Beberapa lensa kontak termasuk dalam jenis penggunaan harian dimana pemakaiannya hanya digunakan dalam 1 hari dan kemudian dibuang. Sedangkan sebagian yang lainnya dan RGP/Keras dipakai dalam 1 hari dan di malam hari dilepas, kemudian dibersihkan dan direndam dalam larutan disinfektan selama minimal 2 jam atau semalaman ( tidak lebih dari 12 jam ). Usia 1 bulan,3bulan, 6 bulan dan 1 tahun dimiliki oleh lensa kontak lunak yang mana lensa kontak jenis 6 bulan ke atas perlu perawatan mingguan secara khusus. RGP dan keras berumur lebih panjang. Pemakaian lensa kontak saat tidur akan menyebabkan penurunan aliran kebutuhan oksigen pada mata dan meningkatnya faktor resiko infeksi. Oleh karena itu, kebanyakan praktisi emnyarankan penggunaan lensa kontak disposable ( maksimum 1 bulan )

PERAWATAN LENSA KONTAK
Praktisi yang profesional akan membimbing bagaimana cara membersihkan dan mencuci lensa kontak anda. Penggunaan produk cairan lensa kontak yang baik dan sistem pencucian yang sesering mungkin dapat mencegah berkembangnya pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Perlu disadari juga, bilamana menggunakan lensa kontak berdurasi panjang dapat menyebabkan menurunnya kualitas penglihatan, penglihatan kabur, timbulnya sensasi rasa sakit dan kemerahan yang terkait dengan berkurangnya pasokan oksigen ke mata. Anda perlu memahami bahwasanya lensa kontak adalah asesoris/piranti yang berhubungan dengan medik, dengan perawatan dan penanganan yang baik akan menghasilkan penglihatan yang baik dan akan menyenangkan andai saja anda sadar lensa kontak yang digunakan bersih dan aman bagi mata anda.

Referensi:
Tom Nugent, Staywell Custom Communications. "Don't Skip Your Contact Lens Exam." Dec.2005 VSP

Tidak ada komentar: